Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar dan Contoh Soal - Selamat tiba di blog kami, terimakasih telah berkenan membaca, memahami, mempelajari dan menerapkan ilmu yang telah kami share, agar itu semua bermanfaat buat anda semua. Tak henti-hentinya aku memposting bahan lengkap matematika, baik SD, Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas untuk menunjang proses berguru mengajar anda.
Untuk dikala ini, aku akan melanjutkan bahan selanjutnya dari BAB Bentuk Aljabar, yakni pemfaktoran bentuk aljabar. Ada beberapa jenis pemfaktoran bentuk aljabar. Tak usah berlama-lama lagi, mari kita lanjut kemateri, cekidot.
a. Pemfaktoran dalam bentuk distributif
Untuk dikala ini, aku akan melanjutkan bahan selanjutnya dari BAB Bentuk Aljabar, yakni pemfaktoran bentuk aljabar. Ada beberapa jenis pemfaktoran bentuk aljabar. Tak usah berlama-lama lagi, mari kita lanjut kemateri, cekidot.
OPERASI PADA BENTUK ALJABAR
- Pemfaktoran -
a. Pemfaktoran dalam bentuk distributif
ax ± ay = a(x ± y) → a dapat koefisien atau variabelContoh Soal :
2x + 10y = 2(x + 5y) → a sebagai koefisien 4x - 4y = 4(x - y) → a sebagai variabelb. Pemfaktoran dalam bentuk selisih kuadrat
x2 - y2 = (x + y) (x - y)Contoh Soal :
x2 - 52 = (x + 5) (x - 5)c. Pemfaktoran dalam bentuk kuadrat sempurna
x2 + 2xy + y2 = (x + y)2 x2 - 2xy + y2 = (x - y)2Contoh Soal :
x2 + 10x + 25 = (x + 5)2 x2 - 10x + 25 = (x - 5)2d. Pemfaktoran dalam bentuk ax2 + bx + c = 0, dimana a = 1
ax2 + bx + c = (x + m) (x + n) dengan m + n = b | m x n = c
Contoh Soal :x2 + 9x + 18 = (x + 3) (x + 6) alasannya 3 + 6 = 9 | 3 x 6 = 18 m = 6 dan n = 3 atau m = 3 dan n = 6e. Pemfaktoran dalam bentuk ax2 + bx + c = 0, dimana a ≠1
a x c = m x n dan m + n = bContoh Soal :
2x2 + 3x + 1 = 0 2 x 1 = m x n dengan syarat m + n = 3 yang memenuhi yaitu m = 2 dan n = 1 maka :2x2 + 3x + 1 = 0 menjadi 2x2 + 2x + x + 1 = 0 → 2x(x + 1) + 1(x + 1) = 0 → (2x + 1) (x + 1)Mungkin itu saja warta yang dapat aku berikan tentang Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar dan Contoh Soal semoga bermanfaat.
Buat lebih berguna, kongsi: