Latihan Soal Plsv Dan Ptlsv

Bismillah....

Pantaslah menuntut ilmu itu menjadi suatu kewajiban, sebab memang ilmu memamerkan imbas kebaikan yang hebat bagi kehidupan. Baik untuk masing-masing individu maupun bagi orang lain yang menerimanya. Bayangkan jikalau ilmu tak menyelimuti kehidupan kita, mungkin di sekarang ini kita tak menjadi mirip kini ini, sanggup membaca, berhitung, membedakan warna, bentuk, suara, bahkan huruf seseorang. Bahkan ada yang mengibaratkan bahwa ilmu yaitu cahaya, dan kebodohan yaitu kegelapan. Maka jikalau hidup kita dipenuhi dengan ilmu sejatinya kita sedang menerangi kehidupan yang sedang kita jalani.

Matematika pastinya yaitu salah satu ilmu yang secara eksklusif maupun tidak langsung, sadar ataupun tidak sadar, sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka jangan yakin terhadap orang-orang yang sering bilang bahwa ia tak suka matematika, tidak ingin berguru matematika, matematika bikin pusing, matematika menjenuhkan, atau bahkan yang lebih ekstrem lagi ia bilang aku benci matematika. Padahal dalam kenyataannya di saat ia menyaksikan jam yang ada di dinding atau tangannya ia sedang memakai ilmu matematika atau di saat ia memakai duit untuk membeli dan memperoleh kembalian ia sedang bertransaksi dengan ilmu matematika. Maka yang perlu kita tumbuhkan yaitu kesadaran ihwal pentingnya ilmu.

Baiklah untuk menyadarkan ihwal pentingnya ilmu, kali ini kita akan memantapkan, menguatkan, memperdalam pengertian kita ihwal materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang pernah kita diskusikan pada sementara waktu lalu. 
Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ini di ajarkan pada kelas 7 di semester satu dalam kurikulum 2013. Adapun Kompetensi Dasarnya antara lain:

Kompetensi Dasar :
3.8 Menjelaskan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dan penyelesaiannya
4.8 Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Apa yang di inginkan dari hasil pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ini? 

Tujuan Pembelajarannya adalah:
1. Peserta didik sanggup mengerti pengertian kalimat terbuka dan kalimat tertutup
2. Peserta didik sanggup mengerti persamaan linear satu variabel
3. Peserta didik sanggup menyeleksi himpunan solusi persamaan linear satu variabel
4. Peserta didik sanggup menyelesaikan masalah konkret yang berhubungan dengan persamaan linear satu variabel
5. Peserta didik sanggup mengerti pengertian pertidaksamaan linear satu variabel
6. Peserta didik sanggup menyeleksi himpunan solusi pertidaksamaan linear satu variabel
7. Peserta didik sanggup menggambarkan grafik himpunan solusi pertidaksamaan linear satu variabel pada garis bilangan
8. Peserta didik sanggup menyelsaikan masalah konkret yang berhubungan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

Bagi yang belum mempelajari materinya silahkan sanggup berguru apalagi dulu disini:

Baca Dulu

Jika telah mengerti bahan yang telah di uraikan pada klarifikasi ihwal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, maka untuk menguatkan pemahamanya, mari kita pelajari contoh-contoh soal ihwal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel beserta pembahasannya. 
Berikut beberapa pola soal ihwal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel:
1. Manakah yang ialah PLSV?
          a. 4x + 2y = 2
          b. 4x + 2y ≤ 2
          c. 4z + 2 = z
          d. 2 – 2y < 4
Pembahasan:
PLSV = Persamaan Linear Satu Variabel
Ciri-cirinya : 
  • menggunakan tanda sama dengan (=)
  • di dalam persamaan cuma ada 1 variabel
  • variabelnya berpangkat satu

menurut ciri-ciri diatas maka yang tergolong kedalam PLSV adalah 4z + 2 = z.
Jawaban: C

2. Himpunan solusi dari bentuk persamaan 2x + 3 = 15, x ε C adalah....
          a. {4}
          b. {5} 
          c. {6}
          d. {7}
Pembahasan:
2x + 3 = 15
⟺ 2x + 3 – 3 = 15 – 3 
⟺ 2x = 12
⟺ ½ x 2x = ½ x 12 
⟺ x = 6
Makara himpunan penyelesaiannya yaitu {6}
Jawaban: C

3. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi-sisinya    (x + 5) cm, (2x – 1) cm, dan (3x – 10) cm. Jika keliling 66 cm. Maka panjang sisi yang terpanjang adalah....
          a. 15 
          b. 17 
          c. 23
          d. 26
Penyelesaian:
Untuk mengenali sisi terpanjang, maka kita mesti apalagi dulu mengenali nilai dari variabel (x). 
Keliling = sisi + sisi + sisi
66 = x + 5 + 2x – 1 + 3x – 10
⟺ 66 = 6x – 6
⟺ 6x – 6 = 66
⟺ 6x – 6 + 6 = 66 + 6
⟺ 6x = 72
⟺1/6 x 6x = 1/6 x 72
⟺ x = 12
Makara panjang sisi-sisi pada persamaan:
(x + 5) = 12 + 5 = 17 cm
(2x – 1) = 2(12) – 1 = 24 – 1 = 23 cm
(3x – 10) = 3(12) – 10 = 36 – 10 = 26 cm
Makara sisi terpanjang yaitu 26 cm.
Jawaban: D

Untuk lebih lengkapnya pembahasan ihwal contoh-contoh soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, silahkan sanggup di unduh lewat link di bawah ini:

Demikian pembahasan kita ihwal contoh soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kali ini, biar berharga dan  sanggup menolong mempermudah dalam proses mengerti bahan ihwal PLSV dan PTLSV.

Buat lebih berguna, kongsi:
close