Latihan Soal Aljabar

Bismillah....

Beberapa waktu yang kemudian kita sudah mempelajari materi ihwal Aljabar. Adapun Standar Kompetensi yang di diskusikan pada bahan Aljabar kelas 7 semester satu ini adalah:

Kompetensi Dasar:
3.6 Menjelaskan bentuk Aljabar dan unusr-unsurnya menggunakan duduk permasalahan kontekstual
3.7 Menjelaskan dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
4.6 Menyelesaikan  duduk permasalahan yang berhubungan dengan bentuk aljabar
4.7 Menyelesaikan duduk permasalahan yang berhubungan dengan operasi pada bentuk aljabar

Dan indikator pencapaiannya antara lain:
1. Peserta didik sanggup mengerti pemahaman bentuk aljabar
2. Peserta didik sanggup mengerti pemahaman variabel, koefisien, dan konstanta
3. Peserta didik sanggup melakukan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar
4. Peserta didik sanggup melakukan operasi penghematan pada bentuk aljabar
5. Peserta didik sanggup melakukan operasi perkalian pada bentuk aljabar
6. Peserta didik sanggup melakukan operasi pembagian pada bentuk aljabar
7. Peserta didik sanggup menyelesaikan duduk permasalahan yang berhubungan dengan bentuk aljabar
8. Peserta didik sanggup menyelesaikan duduk permasalahan yang berhubungan dengan operasi bentuk aljabar.


Bagi yang belum sempat mempelajari bahan aljabar silahkan berguru dahulu disini:
Baca dulu : Materi Aljabar

Jika sudah mengerti ihwal bahan aljabar dari pembahasan yang sudah di sampaikan pada artikel sebelumnya, maka untuk memperdalam dan menguatkan bahan yang sudah dipelajari silahkan pelajari soal-soal ihwal bahan aljabar beserta pembahasannya.
Berikut ini beberapa pola soalnya:

1. Ketika program selamatan di rumahnya, Pak Roso berbelanja 5 kg Jeruk dan 3 kg Apel.
        Bentuk aljabar yang tepat dengan pernyataan tersebut adalah....
          a. 5 + 3
          b. 5x5 + 3x3 
          c. 5x + 3y
          d. 8xy
Pembahasan:
Untuk sanggup mengganti pernyataan di atas menjadi bentuk aljabar, maka kita mesti mengenali koefisien dan variabel yang terdapat dalam pernyataan tersebut. 
Jika kita amati, 5 dan 3 yakni koefisiennya, kemudian Jeruk dan Apel yakni variabelnya. Untuk membuat lebih mudah merubahnya kedalam bentuk aljabar maka Jeruk dan Apel kita simbolkan dengan variabel tertentu. Misalkan:
Jeruk = x, dan Apel = y
Maka bentuk aljabarnya akan menjadi 5x + 3y.
Jawaban: C

2. Koefisien suku ke-3 dari bentuk aljabar -3x3 + 12x2 – 5xy + 4x3, adalah...
          a. 12
          b.
          c. -3
          d. -5
Pembahasan:
Jika kita lihat bentuk aljabar di atas maka terdiri dari:
Suku = -3x3, 12x2, -5xy, dan 4x3 , ada 4 suku
Variabel = x dan y, ada 2 variabel
Koefisien = -3, 12, -5, 4, ada 4 koefisien
Suku ke-3 = -5xy, jadi koefisiennya -5.
Jawaban: D

3. Jumlah dari 10a4 + 12a3 – 8a2 – 8a – 7 dan -6a4 – 15a3 + 10a2 + 5a + 11 adalah....
         a. 4a4  - 3a3 – 2a2 – 2a + 4
         b. 4a4  + 3a3 – 2a2 – 2a + 4
         c. 4a4  - 3a3 + 2a2 – 2a + 4
         d. 4a4  - 3a3 – 2a2 – 2a – 4 
Pembahasan:
Betuk penjumlahannya menjadi:
(10a4 + 12a3 – 8a2 – 8a – 7) + (-6a4 – 15a3 + 10a2 + 5a + 11)
Kurungnya dibuka, bentuknya akan menjadi:
10a4 + 12a3 – 8a2 – 8a – 7 – 6a4 – 15a3 + 10a2 + 5a + 11
Suku sejenis didekatkan:
10a4 – 6a4 + 12a3 – 15a3 – 8a2 + 10a2 – 8a + 5a – 7  + 11
Suku sejenis dihitung:
4a4 – 3a3 + 2a2 – 3a + 4
Jawaban: C

4. Hasil Pengurangan dari -7x + 14 dari -6x + 15 adalah....
         a. X + 1  
         b. –x + 1 
         c. –x – 1
         d. -13x + 1
Pembahasan:
(-6x + 15) – (-7x + 14)
Kurungnya di buka:
-6x + 15 + 7x – 14
Suku sejenis didekatkan:
-6x + 7x + 15– 14
Suku sejenis dihitung:
x  + 1 
Jawaban: A

Untuk lebih lengkapnya silahkan download pada link di bawah ini:

Pelajari juga : Latihan Himpunan dan Diagram Venn
Pelajari juga : Latihan Soal Bilangan Bulat dan Pecahan

Demikian artikel kali ini yakni ihwal soal-soal bahan Aljabar dan pembahasannya, Terimakasih Sudah mendatangi blog ini, agar berharga dan sanggup menolong membuat lebih mudah dalam proses belajar. 

Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini: