Soal Dan Pembahasan Usbn Matematika Smp/Mts Tahun 2020/2021 Kurikulum 2013 Bab 2

Soal USBN Matematika SMP – Halo teman dekat matematika pada peluang yang bagus ini kami akan membuatkan gunjingan wacana soal usbn matematika smp beserta pembahasannya. Pada postingan kali ini yang hendak kami diskusikan wacana bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, metode persamaan linear dan untuk bahan yang lain nanti akan ada soal dan pembahasan usbn matematika smp bab ketiga.

 Halo teman dekat matematika pada peluang yang bagus ini kami akan membuatkan gunjingan wacana s SOAL DAN PEMBAHASAN USBN MATEMATIKA SMP/MTS TAHUN 2020/2021 KURIKULUM 2013 BAGIAN 2Soal USBN Matenatika SMP/MTS 2020 dan Pembahasannya bab pertama.

1. Hasil dari (x – y)(2x + 3y) yakni ....
a. 2x^2 – 5xy – 3y^2
b. 2x^2 + xy – 3y^2
c. x^2 – 5xy – y^2
d. x^2 + xy – y^2

Pembahasan:
(x – y)(2x + 3y) = 2x^2 + xy – 3y^2 (Jawaban: b)

2. Perhatikan pemfaktoran berikut ini!
i. 9ab + 21ac = 3a(3b + 7c)
ii. x^2 – 9 = (x – 3)(x – 3)
iii. 3p^2 – p – 2 = (3p + 2)(p – 1)
Pemfaktoran tersebut yang benar yakni ....
a. i dan ii
b. i dan iii
c. ii dan iii
d. i, ii, dan iii

Pembahasan:
i. 9ab + 21 ac = 3a(3b + 7c) Benar
ii. x^2 – 9 = (x – 3)(x – 3) Salah
iii. 3p^2 – p – 2 = (3p + 2)(p – 1) Benar
Jadi, pemfaktoran yang benar yakni i dan ii (Jawaban: b)

3. Kalimat berikut yang ialah persamaan linear satu variabel yakni ....
a. x^2 – 2 = 6
b. x + 1 = 3
c. x + y = 0
d. x^2 + 2x – 3 = 0

Pembahasan:
x^2 – 2 = 6, bukan ialah persamaan linear satu variabel alasannya variabelnya berpangkat dua yakni x^2.
x + 1 = 3 ialah persamaan linear satu variabel alasannya cuma memiliki suatu variabel berpangkat satu yakni x.

x + y = 0, bukan ialah persamaan linear satu variabel alasannya variabelnya ada dua macam, yakni x dan y.
x^2 + 2y – 3 = 0, bukan ialah persamaan linear satu variabel alasannya variabelnya ada dua macam, yakni x dan y. Selain itu, variabel x berpangkat dua. (Jawaban: b)

4. Jika x yakni solusi dari 5x – 8 = 3x + 12, nilai dari x + 3 yakni ....
a. 13
b. 8
c. 5
d. -2

Pembahasan:
5x – 3x = 12 + 8
2x = 20
x = 20/2
x = 10
x + 3 = 10 + 3 = 13 (Jawaban: a) 

5. Diketahui himpunan-himpunan selaku berikut.
A = {x | x < 6, x E bilangan asli}
B = {x | x <= 6, x E bilangan cacah}
Himpunan dari A Irisan B yakni ....
a. {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}
b. {1, 2, 3, 4, 5, 6}
c. {1, 2, 3, 4, 5}
d. {1, 2, 3, 4}

Pembahasan:
A = {x | x < 6, x E bilangan asli} = {1, 2, 3, 4, 5}
B = {x | x <= 6, x E bilangan cacah} = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}
Jadi, A Irisan B = {1, 2, 3, 4,5} (Jawaban: c) 

6. Diketahui
A = {x | 5 < x <= 15, x bilangan ganjil}
B = {x | 2 <= x < 15, x bilangan prima}
A Gabungan B yakni ....
a. {2, 3, 5, 7, 11, 13}
b. {2, 3, 5, 7, 9, 11, 13}
c. {2, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}
d. {3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}

Pembahasan:
A = {x | 5 < x <= 15, x bilangan ganjil} = {7, 9, 11, 13, 15}
B = {x | 2 <= x < 15, x bilangan prima} = {2, 3, 5, 7, 11, 13}
Gabungan himpunan A dan B = {2, 3, 5, 7, 11, 13} (Jawaban: a)

7. Diketahui
P = {(1,1), (1,2), (2,2), (3,3)}
R = {(1,1), (2,3), (3,4), (3,5)}
Q = {(1,1), (2,3), (3,3), (4,1)}
S = {(1,1), (2,3), (3,3), (3,4)}
Himpunan pasangan berurutan tersebut, yang ialah fungsi yakni ....
a. P
b. R
c. Q
d. S

Pembahasan:
Q = {(1,1), (2,3), (3,3), (4,1)} alasannya anggota himpunan daerah asal sempurna memetakan satu kali pada anggota himpunan kawan. (Jawaban: c) 

8. Fungsi f : x → 3x – 5 dengan x = {-3, -2, -1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi f yakni ....
a. {4, 1, -2, -5}
b. {-9, -6, -3, 0, 3, 6}
c. {-14, -11, -8, -5, -2, 1}
d. {-24, -21, -8, -5}

Pembahasan:
f(x) = 3x – 5
f(-3) = 3(-3) – 5 = -9 – 5 = -14
f(-2) = 3(-2) – 5 = -6 – 5 = -11
f(-1) = 3(-1) – 5 = -3 – 5 = -8
f(0) = 3(0) – 5 = 0 – 5 = -5
f(1) = 3(1) – 5 = 3 – 5 = -2
f(2) = 3(2) – 5 = 6 – 5 = 1
Jadi, daerah kesannya yakni {-14, -11, -8, -5, -2, 1} (Jawaban: c)

9. Variabel dari persamaan linear dua variabel 4x – 3y + 5 = 0 yakni ....
a. x
b. y
c. x dan y
d. 5

Pembahasan:
4x – 3y + 5 = 0 memiliki dua variabel yakni x dan y. (Jawaban: c)

10. Keliling persegi panjang 150 cm, panjang lebih 15 cm dari lebarnya. Luas persegi panjang tersebut yakni ....
a. 1.250 cm^2
b. 1.300 cm^2
c. 1.350 cm^2
d. 1.400 cm^2

Pembahasan:
Panjang persegi panjang = p dan lebar persegi panjang = l
Keliling persegi panjang 150 cm sehingga diperoleh persamaan:
K = 2(p + l)
150 = 2(p + l)
p + l = 75
Ukuran panjang lebih 15 cm dari lebarnya sehingga diperoleh metode persamaan:
p + l = 75 ....(1)
p – l = 15 ....(2)
Eliminasi l dari persamaan (1) dan (2)
p + l = 75
p – l = 15
2p = 90
P = 45
Substitusikan p = 45 ke persamaan (2)
p – l = 15
45 – l = 15
l = 30
Luas persegi panjang :
L = p x l
= 45 x 30
= 1.350 cm^2
Jadi, luas persegi panjang tersebut yakni 1.350 cm^2 (Jawaban: c)

Demikianlah postingan wacana soal dan pembahasan USBN Matematika SMP/MTS Tahun 2020-2021. Semoga dapat berharga untuk adik-adik dalam merencanakan usbn matematika smp/mts dan juga untuk rekan-rekan guru bisa menjadi rujukan untuk merencanakan pendalaman bahan terhadap penerima didiknya. Terimakasih telah membaca postingan dari kami ini.

Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini: